Pengantar
Microsoft Word 2016 adalah aplikasi pengolah
kata yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai dokumen, termasuk surat,
resume, dan banyak lagi. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana untuk
menavigasi antarmuka Word dan terbiasa dengan beberapa fitur yang paling
penting, seperti Ribbon, Quick Access Toolbar, dan tampilan Backstage.
Mengenal
Word 2016
Word
2016 mirip dengan Word 2013 dan Word 2010. Jika sebelumnya Anda telah
menggunakan versi di bawahnya, maka Word 2016 tentunya sudah terbiasa. Tetapi
jika Anda baru menggunakan Word atau lebih banyak pengalaman dengan versi yang
lama, Anda harus terlebih dahulu meluangkan waktu untuk agar akrab dengan
antarmuka Word 2016.
Antarmuka
Word
Ketika
Anda membuka Word untuk pertama kalinya, Start Screen akan muncul. Dari sini,
Anda dapat membuat buku kerja/ workbook baru, memilih template, dan mengakses
buku kerja yang baru saja diedit. Dari Layar Start, cari dan pilih dokumen
Blank untuk mengakses antarmuka Word.
Pelajari
lebih lanjut tentang antarmuka Word :
๐Quick
Access Toolbar: Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses
perintah-perintah umum, tidak peduli tab mana yang sedang dipilih. Secara
default, di dalamnya termasuk Save, Undo, dan perintah Repeat.
๐Ribbon:
Ribbon berisi semua perintah yang Anda perlukan dalam melakukan tugas umum di
Word. Ribbon memiliki banyak tab, masing-masing tab dengan beberapa kelompok
perintah.
๐Perintah
Grup: Setiap kelompok/group berisi serangkaian perintah yang berbeda. Cukup
klik perintah apapun untuk menerapkannya. Beberapa kelompok juga memiliki panah
di sudut kanan bawah, yang dapat Anda klik untuk melihat perintah yang lebih
lanjut.
๐Panel
Dokumen: Ini adalah tempat di mana Anda akan mengetik dan mengedit teks dalam
dokumen.
๐Ruller:
Ruller terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen Anda. Akan
mempermudah untuk menyelaraskan dan menyesuaikan jarak.
๐Tell
Me: Bar Tell Me memungkinkan Anda untuk mencari sebuah perintah, sangat
membantu jika Anda tidak ingat di mana menemukan sebuah perintah tertentu.
๐Microsoft
Account: Dari sini, Anda dapat mengakses informasi akun Microsoft Anda, melihat
profil, dan beralih akun.
๐Scroll
Bar: Klik dan tarik scroll bar vertikal untuk bergerak ke atas dan ke bawah
melalui halaman dokumen Anda.
๐Page
dan Word Count: Dari sini, Anda dapat dengan cepat melihat jumlah kata dan
halaman dalam dokumen Anda.
๐Document
Views: Ada tiga cara untuk melihat dokumen. Read Mode menampilkan dokumen Anda
dalam modus layar penuh. Print Layout, dipilih secara default dan akan
menampilkan dokumen sama seperti halaman yang dicetak. Web Layout menunjukkan
bagaimana dokumen Anda akan terlihat sebagai halaman web.
๐Zoom
Control: Klik dan tarik slider untuk menggunakan zoom control Angka yang
terletak pada kanan slider menunjukan persentase pembesaran.
Lingkungan Word
Seperti
versi terbaru lainnya, Word 2016 tetap menggunakan fitur seperti Ribbon dan
Quick Access Toolbar, di mana Anda akan menemukan perintah untuk melakukan
tugas-tugas umum di Word, serta tampilan Backstage.
Ribbon
Word
menggunakan sistem tab Ribbon, bukan menu tradisional. Ribbon berisi beberapa
tab, yang dapat Anda temukan di dekat bagian atas jendela Word.
Setiap
tab berisi beberapa kelompok perintah yang terkait. Misalnya, kelompok Font
pada tab Home berisi perintah untuk memformat teks dalam dokumen Anda.
Beberapa
kelompok juga memiliki panah kecil di sudut kanan bawah yang dapat Anda klik
untuk pilihan yang lebih banyak.
Menampilkan
dan menyembunyikan Ribbon
Jika
Anda merasa bahwa Ribbon mengambil terlalu banyak ruang layar, Anda dapat
menyembunyikannya. Untuk melakukan ini, klik panah Ribbon Display Option di
sudut kanan atas Ribbon, lalu pilih opsi yang diinginkan dari menu drop-down:
๐Auto-hide
Ribbon: Auto-hide menampilkan dokumen Anda dalam modus layar penuh dan akan
menyembunyikan Ribbon dari pandangan. Untuk menampilkan kembali Ribbon, klik
perintah Expand Ribbon di bagian atas layar.
๐Show
Tabs: Opsi ini akan menyembunyikan semua kelompok perintah ketika mereka sedang
tidak digunakan, namun tab akan tetap terlihat. Untuk menampilkan kembali
Ribbon, cukup klik tab.
๐Show
Tab dan Commands: Opsi ini akan memaksimalkan Ribbon. Semua tab dan perintah
akan terlihat. Opsi ini dipilih secara default ketika Anda membuka Word untuk
pertama kalinya.
Menggunakan
fitur Tell Me
Jika
Anda mengalami kesulitan menemukan perintah yang Anda inginkan, fitur Tell Me
dapat membantu. Ia bekerja seperti sebuah kotak pencarian biasa : Ketik apa
yang Anda ingin cari, dan daftar pilihan akan muncul. Anda kemudian dapat menggunakan
perintah secara langsung dari menu tanpa harus menemukannya di Ribbon.
Quick Access
Toolbar
Terletak
tepat di atas Ribbon, Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah
umum dengan tidak mempedulikan tab mana yang dipilih. Secara default, itu
menampilkan perintah Save, Undo, dan Redo, tetapi Anda dapat menambahkan
perintah lain tergantung pada kebutuhan Anda.
Menambahkan
perintah pada Quick Access Toolbar:
๐Klik
panah drop-down di sebelah kanan Quick Access Toolbar.
๐Pilih
perintah yang ingin Anda tambahkan dari menu.
๐Perintah
akan ditambahkan pada Quick Access Toolbar.
Ruller
Ruller
terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen Anda. Ruller akan
mempermudah menyesuaikan dokumen Anda dengan presisi. Jika Anda ingin, Anda
dapat menyembunyikan Ruler untuk memperbasar ruang layar.
Menampilkan
atau menyembunyikan Ruler:
๐Klik
tab View.
๐Klik
kotak centang di sebelah Ruller untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
Tampilan
Backstage
Tampilan
Backstage menampilkan pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak, dan
berbagi dokumen Anda. Untuk mengakses tampilan Backstage, klik tab File pada
Ribbon.
Pelajari
lebih lanjut tentang menggunakan tampilan Backstage.
๐Return
to Word: Anda dapat menggunakan panah untuk menutup tampilan Backstage dan
kembali ke Word.
๐Info:
Panel Info akan muncul setiap kali Anda mengakses tampilan Backstage. Ini
berisi informasi tentang dokumen saat ini. Anda juga dapat memeriksa dokumen
untuk menghapus informasi pribadi dan melindunginya, mencegah orang lain
membuat perubahan.
๐New:
Dari sini, Anda dapat membuat dokumen kosong yang baru, atau Anda dapat memilih
dari pilihan template.
๐Open:
Dari sini, Anda dapat membuka dokumen yang disimpan pada komputer atau OneDrive
Anda.
๐Save
dan Save As: Anda akan menggunakan Save dan Save As untuk menyimpan dokumen ke
komputer atau OneDrive Anda.
๐Print:
Dari panel Print, Anda dapat mengubah pengaturan pencetakan dan mencetak buku
kerja Anda. Anda juga dapat melihat preview dari dokumen Anda.
๐Share:
Dari sini, Anda dapat mengundang orang untuk melihat dan berkolaborasi pada
dokumen Anda.
๐Ekspor:
Dari sini, Anda dapat mengekspor dokumen Anda menjadi file dengan format lain,
seperti PDF / XPS.
๐Close:
Klik di sini untuk menutup buku kerja yang saat ini terbuka.
Account:
Dari panel Account, Anda dapat mengakses informasi akun Microsoft Anda,
mengubah tema dan latar belakang, dan keluar dari akun Anda.
๐Options:
Di sini, Anda dapat mengubah berbagai pilihan Word. Misalnya, Anda dapat
mengontrol pengaturan ejaan dan pemeriksaan tata bahasa, pengaturan
AutoRecover, dan preferensi bahasa.
Tampilan
dokumen dan zooming
Word
memiliki berbagai pilihan tampilan yang dapat mengubah bagaimana dokumen Anda
akan ditampilkan. Anda dapat memilih melihat dokumen Anda pada mode baca/Read
View, Print Layout, atau Web Layout. Tampilan ini dapat berguna untuk berbagai
tugas, terutama jika Anda berencana untuk mencetak dokumen. Anda juga dapat memperbesar
dan memperkecil agar dokumen Anda lebih mudah dibaca.
Mengalihkan
tampilan dokumen
Mengalihkan
berbagai dokumen yang berbeda sangatlah mudah. Cukup cari dan pilih tampilan
dokumen yang diinginkan di sudut kanan bawah jendela Word.
๐Read
Mode: Tampilan ini akan membuka dokumen pada layar penuh. Tampilan ini sangat
berguna untuk membaca teks dalam jumlah besar atau jika hanya ingin meninjau
pekerjaan Anda.
๐Print
Layout: Ini adalah tampilan default dokumen Word. Ini akan menampilkan seperti
apa tampilan dokumen ketika dicetak.
๐Web
Layout: ini akan menampilkan dokumen seperti halaman web, yang dapat membantu
jika Anda ingin menggunakan Word untuk mempublikasikan konten secara online.
Memperbesar
dan memperkecil
Untuk
memperbesar atau memperkecil, klik dan tarik zoom control slider di sudut kanan
bawah jendela Word. Anda juga dapat memilih perintah + atau - untuk memperbesar
atau memperkecilnya secara bertahap. nomor di sebelah slider menampilkan
persentase zoom saat ini, juga disebut zoom level.